Rabu, 04 September 2013

Cara Mencegah Kanker Usus Besar

cara mencegah kanker usus besar

Bagaimana cara mencegah kanker usus besar? Kita akan membahasnya di artikel ini. Sebelumnya, kita juga sudah mengenal kanker usus besar, mengetahui gejalanya, dan juga penyebab kanker usus besar. Jika belum membacanya, silahkan saja untuk membacanya. Adapun cara mencegah kanker usus besar ini akan dijelaskan sebagai berikut.

Cara Mencegah Kanker Usus Besar

 

Cara mencegah kanker usus besar ini ada empat bagian, yaitu pencegahan primordial, pencegahan primer, pencegahan sekunder, dan pencegahan kanker usus besar dengan obat herbal.

1.Pencegahan Primordial

Dilakukan dengan peningkatan pendidikan kesehatan kepada masyarakat dalam bentuk kampanye cara makan sehat yaitu makan seimbang baik dalam menu maupun jumlah makanan yang dikonsumsi setiap hari sehingga mengurangi/mencegah keterpaparan terhadap bahan makanan yang bersifat karsinogenik dan kokarsinogenik. Selain itu, pengaturan pola makan juga dapat menghindari obesitas, karena obesitas juga diketahui merupakan faktor risiko untuk kanker usus besar.

2.Pencegahan Primer

Pencegahan primer ialah usaha untuk mencegah timbulnya kanker dengan menghilangkan dan/atau melindungi tubuh dari kontak dengan karsinogen dan faktor-faktor lain yang dapat menimbulkan kanker. Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam pencegahan primer kanker usus besar yaitu 

a. Menghentikan atau mengubah kebiasaan hidup yang memperbesar risiko terjadinya kanker  usus seperti menghindari makan makanan yang tinggi lemak (khususnya lemak hewan) dan rendah kalsium, folat, mengkonsumsi makanan berserat dengan jumlah cukup dan mengurangi konsumsi daging merah. Kebalikan dengan daging merah/daging olahan, konsumsi ikan dapat  menurunkan risiko. Untuk mengurangi konsumsi daging merah, para ahli menganjurkan mengkonsumsi daging unggas (ayam, bebek, dsb) dan ikan.
b. Mengubah kebiasaan mengkonsumsi alkohol karena selain merusak hepar, konsumsi minuman beralkohol juga berhubungan dengan peningkatan risiko kanker usus besar

3. Pencegahan Sekunder

Pencegahan sekunder dapat dilakukan dengan skrining. Strategi skrining pada  orang yang tidak memperlihatkan gejala dianjurkan yaitu laki-laki dan perempuan  berusia lebih dari 40 tahun harus menjalani pemeriksaan rektal digital (rectal toucher) setiap tahun dan orang yang berusia di atas 50 tahun  harus menjalani pemeriksaan  darah samar feses setiap tahun dan pemeriksaan  sigmoidoskopi setiap 3 hingga 5  tahun setelah 2 kali pemeriksaan awal yang berjeda setahun. Orang yang beresiko tinggi karena memiliki riwayat keluarga terkena kanker  usus besar harus dipantau  ketat dengan melakukan skrining teratur.

4. Pencegahan Kanker Usus dengan Obat Herbal

Selain dari beberapa cara pencegahan kanker yang disebutkan di atas, cara yang paling praktis adalah dengan menggunakan obat herbal. Obat herbal yang di rekomendasikan disini adalah green palapa. Selain memiliki fungsi untuk kesehatan obat herbal ini sangat ampuh untuk mencegah kanker. Informasi lebih lanjut bisa baca artikel cara pencegahan kanker atau bisa juga Klik di Sini!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel cara mencegah kanker usus besar!
Title: Cara Mencegah Kanker Usus Besar; Written by Ilawati Pristiani; Rating: 5 dari 5

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...