Senin, 01 Juli 2013

Penyakit Kanker Lambung dan Tingkat Kejadiannya

penyakit kanker lambung
Penyakit Kanker Lambung
Penyakit kanker lambung adalah salah satu dari macam-macam kanker yang sangat berbahaya. Sebenarnya kanker lambung adalah sejenis tumor  jinak  di  lambung  yang agaknya  tidak menimbulkan  gejala  atau masalah medis. Tetapi  kadang-kadang, beberapa mengalami perdarahan atau berkembang menjadi kanker.  Seperti halnya dengan kanker endometrium, kanker prostat dan kanker lainnya, kanker ini lebih sering terjadi pada usia lanjut. 

Tingkat Kejadian Penyakit Kanker Lambung   

Di Cina, Jepang, Cili dan Iceland, kanker pada lambung ini sering sekali ditemukan.  Di AS, lebih sering terjadi pada orang miskin, orang kulit hitam dan orang yang tinggal di utara. Dan merupakan penyebab kematian no 7, yang terjadi pada sekitar 8 dari setiap 100.000 orang. 

Kanker  pada lambung  ini merupakan  keganasan  yang  berasal  dari  mukosa  lambung, dengan  angka  prevalensi  keempat  terbanyak  dari  semua  jenis  kanker  yang  ada,  dan menempati  urutan  kedua  terbanyak  penyebab  kematian  akibat  kanker  di  dunia.

Setiap tahunnya sekitar 880.000 orang yang terdiagnosa sebagai kanker lambung, dan 700.000 orang diantaranya meninggal dunia akibat penyakit ini. Insidensinya  bervariasi  dan  berhubungan  dengan  letak  geografi.  Enam  puluh persen kanker pada lambung terdapat di Negara yang sedang berkembang. Angka insidensi yang  tertinggi ditemukan di Asia bagian Timur, pegunungan Andes Amerika Selatan dan Eropa  bagian Timur,  sementara  insidennya  paling  rendah  di Amerika Utara  dan Eropa Bagian Utara.
 
Di  Jepang,  Chili,  Costa  Rica  dan  Eropa  bagian  Timur,  insidensinya meningkat hingga lebih dari 20 kali dibandingkan Amerika Utara, Eropa bagian Utara, Afrika dan Asia  Tenggara.  Program  skrining  endoskopik  terhadap  massa  telah  berhasil menurunkan insidensi yang tinggi seperti di Negara Jepang, dimana hampir 35% kasus baru  terdeteksi  sebagai  kanker  dini  lambung,  dimana  pertumbuhan  tumor  masih terbatas pada lapisan mukosa dan sub-mukosa lambung.

Namun, program skrining ini membutuhkan  biaya  yang  tinggi  sehingga  bukan  merupakan  biaya efektif pada daerah  dengan  insidensi  rendah,  dan  kasus  yang  terdeteksi  sebagai  kanker  dini lambung  hanya  di  bawah  20%  seperti  Amerika  Utara  dan  Eropa  bagian  Utara. Walaupun  perbedaan  penurunan  angka mortalitas  pada  berbagai  daerah  belum  jelas, namun penurunan insiden kanker lambung yang telah dilaporkan pada berbagai Negara bagian  Barat  lainnya,  menyokong  bahwa  faktor  lingkungan  dan  diet  ikut  berperan dalam perkembangan kanker ini.

Faktor Penyebab Penyakit Kanker Lambung

Sejak ditemukannya Helicobacter pylori oleh Dr. Warren dan Marshall pada tahun 1983,  telah  terjadi  perubahan  di  dunia  kedokteran  terutama  dalam  bidang gastroenterologi. Infeksi  Helicobacter  pylori,  dengan  berbagai  keragaman  insidensi  terjadi di  seluruh dunia. Prevalensi pada orang dewasa berkisar < 15-100% pada daerah yang sedang berkembang, dan pada umumnya menginfeksi pada usia yang lebih muda  dibandingkan Negara  yang  sudah  berkembang.  Ini  berhubungan  dengan status  sosioekonomi  yang  rendah.

Infeksi Helicobacter  pylori, merupakan  ko-faktor  yang  penting  dalam  perkembangan  kelainan  saluran  pencernaan  bagian  atas  seperti  tukak  duodenum  maupun  lambung  (1-2%  dari  pasien  yang  terinfeksi),  infeksi Helicobacter  pylori  juga  dapat  merangsang  terjadinya  perubahan  fenotip  yang mengawali  perkembangan  kanker  lambung  (0,1-3%)  serta  MALT-oma  lambung
 
Dari penelitian  yang  telah dilakukan  sebelumnya, dilaporkan bahwa  pasien yang terdapat  antibodi  anti-Helicobacter  pylori  di  dalam  serumnya  selama  lebih  dari  10 tahun  berisiko  menderita  kanker ini. Helicobacter  pylori  merupakan  patogen lambung  yang penting  di  dalam  berbagai  langkah  kaskade karsinogenik.  Proses  pre-kanker yang panjang, seperti gastritis kronik-gastritis atrofi yang multifokal-metaplasia intestinal dan neoplasia intra-epitel dibutuhkan dalam perkembangan kanker ini.

Secara epidemiologi telah terbukti bahwa perkembangan  kanker lambung adenokarsinoma  mempunyai  hubungan yang  penting  terhadap  infeksi Helicobacter pylori.
 
Itulah seputar kanker pada lambung yang bisa saya sajikan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel penyakit kanker lambung ini.
Title: Penyakit Kanker Lambung dan Tingkat Kejadiannya; Written by Ilawati Pristiani; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...