Penyebab Kanker Payudara yang Harus Anda Tahu!

Rabu, 05 Juni 2013

Penyebab Kanker Payudara yang Harus Anda Tahu!

penyebab kanker payudara
Penyebab kanker payudara sebenarnya tidak diketahui dengan pasti. 

Namun, ada beberapa faktor resiko yang ada pada pasien penyakit kanker payudara. 

Penyakit Kanker payudara sendiri adalah penyakit kanker yang paling umum menyerang kaum wanita, walaupun ditemukan juga pada pria dengan perbandingan 1 di antara 1000. 

Jadi, penyebab-penyebab kanker disini lebih banyak berkaitan dengan wanita. 

Lalu, apa saja yang diduga penyebab kanker payudara ini? 

Ada begitu banyak kemungkinan penyebab kanker payudara, Beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab terjadinya kanker payudara adalah sebagai berikut: 

1. Faktor Genetik 

Ada 2 jenis gen (BRCA1 dan BRCA2) yang sangat mungkin sebagai resiko. Jika ibu atau saudara wanita Anda mengidap penyakit kanker payudara, maka kemungkinan Anda memiliki resiko kanker payudara 2 kali lipat dibandingkan wanita lain. Jika memang ada kemungkinan seperti itu, anda bisa segera mencegahnya sejak dini. 

2. Faktor Obat-obatan 

Contohnya adalah penggunaan hormon estrogen. Misalnya pada wanita yang menggunakan therapy obat hormon pengganti hormone replacement therapy (HRT), seperti Hormon eksogen akan dapat menyebabkan peningkatan resiko menderita kanker payudara

3. Faktor gizi yang buruk 

Ini adalah faktor penyebab kanker yang umum terjadi. Faktor gizi yang buruk pada makanan yang dimakan. Jadi, sangat penting untuk mengatur pola makan. 

Sebagai contoh disini adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet, perasa, pewarna sintetis, seperti natrium benzoat, MSG dan lain-lain bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara. 

4. Pola Hidup yang Kurang Sehat 

Pola hidup yang kurang sehat ini misalnya suka meminum alkohol dan juga merokok. Sebenarnya hal ini tidak hanya akan menyebabkan kanker payudara, tetapi juga menyebabkan kanker-kanker lainnya, seperti kanker paru-paru

Pola hidup yang kurang sehat lainnya adalah makan yang berlebihan sehingga menyebabkan obesitas. Jadi, wanita gemuk lebih berisiko terkena kanker payudara dari pada wanita kurus. Solusinya adalah dengan menurunkan berat badan. Dengan menurunkan berat badan, level estrogen tubuh akan turun pula. 

5. Tinggi Melebihi 170 cm 

Wanita yang tingginya 170 cm mempunyai resiko terkena kanker payudara karena pertumbuhan lebih cepat saat usia anak dan remaja membuat adanya perubahan struktur genetik (DNA) pada sel tubuh yang diantaranya berubah ke arah sel ganas. 

6. Faktor lain yang diduga sebagai Penyebab Kanker Payudara 

Misalnya pada orang yang tidak menikah, atau yang menikah tapi tidak punya anak, melahirkan anak pertama sesudah usia 35 tahun, atau tidak pernah menyusui anak. 

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kanker payudara meningkat pada orang yang sering menghadapi kondisi stress dan juga bagi wanita yang pernah mengalami menstruasi dibawah usia 11 tahun. Faktor penyebab lainnya adalah masa reproduksi yang relatif panjang. 

Wanita terlambat memasuki menopause (lebih dari usia 60 tahun) Wanita yang belum mempunyai anak Lebih lama terpapar dengan hormon estrogen relatif lebih lama dibandingkan wanita yang sudah punya anak. 

Hal ini dikarenankan kehamilan dan menyusui Berkaitan erat dengan perubahan sel kelenjar payudara saat menyusui. 

Tentu saja beberapa faktor di atas belum bisa dipastikan sebagai penyebab yang pasti. Namun, kita tetap harus berhati-hati dengan cara sebisa mungkin menghindari penyebab kanker payudara tersebut.

Itulah beberapa penyebab terjadinya kanker payudara. Semoga dengan mengetahui beberapa penyebab terjadinya kanker payudara ini kita bisa menghindari terjadinya kanker payudara sejak dini. 

Yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan hal-hal yang disebutkan di atas dan selalu waspada faktor resiko pada pasien diduga berhubungan dengan kejadian kanker payudara. 

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah menbaca artikel penyebab kanker payudara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Kanker Payudara yang Harus Anda Tahu!

1 komentar: